13 Agustus 2008

36 Tim Siap Tarung


Sebanyak 36 tim akhirnya resmi menjadi peserta Zoom Futsal Competition and Games (Zoom Futsal CG) sudah dimulai Jumat (8/8) kemaren sampai (17/8) mendatang. Turnamen berhadiah total 88,8 juta ini dihelat dalam rangka Grand Opening Zoom Futsal sekaligus memeriahkan HUT RI ke-63.


Kemarin sebanyak 31 perwakilan tim hadir dalam technical meeting yang dilaksanakan di Rumah Makan Riau Kuring Jalan Jendral Sudirman Pekanbaru. Hanya perwakilan dari tim Riau Pos FC, Wartawan Olahraga Riau, Grand Zuri FC, Nusantara Lima dan Mie Ayam Kota Senayan FC yang tidak hadir. Meski begitu technical meeting berjalan lancar dan semua tim bersedia mematuhi peraturan khusus yang ditetapkan panitia. Dalam technical meeting kemarin, Ketua Panitia Zulmansyah Sekedang membacakan peraturan khusus poin per poin. Tak jarang bila perwakilan tim sekali-kali mengernyitkan kening karena ini adalah sesuatu yang baru, berbeda dengan iven-iven futsal yang pernah ada. Peraturan turnamen ini sangat ketat yang mengacu kepada turnamen futsal Eropa Timur yang mengedepankan kedisiplinan dan fair play. Tidak hanya manajer, pemain dan juga suporter dituntut untuk bersikap fair, menghormati wasit, panitia dan juga tim lawan.

“Terus terang, peraturan turnamen ini sangat ketat. Dan panitia tidak segan-segan mengambil tindakan jika ada tim yang mencoba melanggar. Jika ada tim yang merasa keberatan, silahkan mengundurkan diri dari sekarang,” ujar Zulmansyah.

Peraturan khusus ini selain ketat juga sangat memperhatikan kerapian. Seorang manajer misalnya, ia dituntut untuk berpenampilan rapi, harus memakai kemeja berkerah lengan panjang atau pendek tanpa motif, celana kain, memakai dasi dan memakai sepatu fantovel atau sepatu kulit.

“Saya pikir ini adalah sebuah langkah maju. Meski di satu sisi ada sedikit perbedaan dengan peraturan futsal secara umum, tapi itu tidaklah sakral,” ujar Abdul Muthalib, perwakilan wasit.

Seusai pembacaan peraturan khusus yang disetujui semua tim yang hadir langsung dilakukan drawing. 31 perwakilan tim yang hadir satu per satu maju mencabut nomor undian, di grup mana mereka akan berada. 36 tim tersebut dibagi ke dalam 12 grup, di mana setiap grup diisi tiga tim yang akan saling berhadapan. Para juara grup otomatis langsung ke babak 16 besar, sementara empat tiket tersisa menjadi milik empat runner-up terbaik. Hari ini akan digelar dua pertandingan. RRiau Pos Online yang tergabung di Grup A akan membuka turnamen menghadapi Sekwan DPRD Riau B yang di menangkan Tim Riau Pos Online, sementara di partai kedua Sekwan DPRD A akan saling unjuk kekuatan dengan tim Samsat Kota Pekanbaru.

“Pertandingan dilangsungkan petang dan malam hari. Setiap laga pembukanya diperdengarkan lagu Indonesia Raya untuk memompa semangat tanding para pemain,” ujar Zulmansyah.***

0 komentar: