29 Oktober 2013

Tim ReDI Kembali Bantu Korban Banjir

Tim Relawan Demi Indonesia (ReDI) memberikan bantuan terhadap korban banjir di Jalan Banda Aceh, Gang Kencana, RT 04/RW 15, Kelurahan Tangkerang Utara, Kecamatan Bukitraya, Senin (28/10).

Sebelumnya Tim ReDI telah melakukan kunjungan untuk memberi bantuan kepada korban banjir Perumahan Graha Fauzan Asri, Kelurahan Tangkerang Labuai. Kedatangan tim yang dipimpin oleh Korwil ReDI Riau H Zulmansyah Sekedang ini, langsung disambut oleh Lurah Tangkerang Utara Syamsukamar didampingi Ketua RT 04/RW 15 Kelurahan Tangkerang Utara Ropimin. Selain itu puluhan warga yang terdiri dari ibu-iburumah tangga dan remaja juga ikut menyambut kedatangan tim ReDI.

Zulmansyah menuturkan, bantuan yang diberikan sebanyak 40 paket bahan Sembako tersebut diberikan sebagai wujud kepedulian tim ReDI kepada warga yang terkena musibah banjir. ‘’Kita berharap bantuan ini
bisa bermanfaat bagi keluarga para korban banjir. Kemudian mudah-mudahan ini juga bisa meringankan beban para korban,’’ tuturnya.

Sementara itu, Lurah Tangkerang Utara Syamsukamar menuturkan, pihaknya mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan tim ReDi Riau dan Pekanbaru yang hadir. ‘’Kami mengucapkan terima kasih
atas kepeduliannya terhadap warga kami yang terjena musibah. Mudah-mudahan para dermawan lainnya juga ikut tergerak hatinya untuk membantu,’’ harapnya.

Menurut Ketua RT 04/RW 15 Ropimin, banjir yang melanda wilayahnya mencapai hingga lebih dari empat meter dari lantai rumah warga sekitar. Sehingga warga sekitar terpaksa mengungsi ketika terjadi banjir. ‘’Ketika banjir kemarin, Gang Kencana 5 sampai Kencana 8 terendam banjir dan yang terparah berada di Kencana 8 yang mencapai lebih dari empat meter,’’ paparnya.

Mengingat curah hujan yang masih tinggi, Ropimin mewakili warga berharap, pemerintah bisa mencari solusi agar hal tersebut tidak kembali terulang. ‘’Biasanya pada Desember dan Januari curah hujan masih tinggi, jadi wilayah ini masih rentan terkena musibah banjir.

Sehingga kami sangat berharap pemerintah bisa mencari solusi agar hal ini tidak terjadi lagi,’’ harap Ropimin. Sosialisasi ke Pelajar Relawan Demi Indonesia (ReDI) Kota Pekanbaru menyempatkan diri untuk bersosialisasi dengan para pelajar, khususnya SMP dan SMA sederajat. Kesempatan ini dimanfaatkan para relawan untuk menyampaikan program dan bagibagi kaos relawan kepada para pelajar.

Kedatangan para relawan ini bersamaan dengan hari terakhir iven Xpresi Riau Pos, Sabtu (26/10), di lima sekolah, yakni SMPN 10, SMAN 4, SMAN 10, SMPN 32 dan SMPN 1 Pekanbaru. Para relawan yang  mengenakan kaos bertulis Relawan Demi Indonesia dengan gambar utama Dahlan Iskan ini berbaur duduk dengan para siswa dan guru.

Di antara yang ikut hadir kemarin, Kordinator ReDI Pekanbaru Khairul Amri, dan sejumlah kordinator kecamatan (Korcam), antara lain Kecamatan Tampan Candra Gunawan, Rumbai Suprayetno, Limapuluh Anang Fourtuna, dan Bukitraya Rendy R. Kebetulan Korwil ReDI Riau Zulmansyah Sekedang juga hadir bersama di SMPN 32 Pekanbaru.

Khairul Amri mengatakan, kehadiran para relawan ini diharapkan semakin memperjelas dan mempertegas keberadaan ReDI di Kota Pekanbaru. ‘’Ini bertujuan untuk memperkenalkan dan menyosialisasikan keberadaan ReDI di kota ini.

Bila ada yang ingin bergabung, bisa saja langsung bergabung, di samping kita mengajak juga para pelajar dan guru untuk bersamasama mendukung program Demi Indonesia,’’ kata Khairul. Di beberapa sekolah sebelumnya, juga bersama Xpresi Riau Pos sudah dilakukan bagi-bagi kaos ReDI. Ada yang diberikan kepada siswa, ada juga kepada guru-guru.

Seperti halnya di SMAN 10 kemarin, Kepala Sekolah Hazmi Has yang menerima hadiah kaos dari ReDI justru menyerahkan kaos itu kepada siswanya. Selain kaos, juga ada pin relawan bergambar Dahlan Iskan
yang disematkan ke siswasiswi di sekolah yang dikunjungi.

Korcam ReDI Tampan Candra Gunawan mengaku, sangat senang bisa berbaur dengan siswa-siswi yang ada di sekolah. ‘’Kalau seperti ini terasa masa-masa sekolah dulu. Dunia sekolah ini, apalagi SMA memang
mengasikkan dan kenangannya  sulit dilupakan. Nah, karena itu kami dari ReDI juga ingin ikut mewarnai dunia anak sekolah, agar menjadi lebih baik,’’ katanya.

Begitu juga kata Korcam ReDI Rumbai Suprayetno. ‘’Bagaimanapun siswa-siswi hari ini akan sangat menentukan masa depan Indonesia beberapa tahun ke depan. Karenanya, mereka ini haruslah diarahkan untuk
melakukan hal-hal yang positif agar tidak terjerumus kepada perilaku yang menyimpang. ReDI akan berupaya membimbing genarasi muda untuk menjadi semakin baik,’’ katanya.

Khairul Amri menambahkan, khusus untuk kalangan pelajar, khususnya SLTA akan disiapkan program khusus, yang akan berguna untuk kebaikan mereka nanti. ‘’Doakan saja. Mudahmudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama akan dijalankan program ReDI khusus untuk kalangan pelajar di kota Pekanbaru,’’ ucapnya.(*3/*4/mar)

0 komentar: